Jumat, 29 Mei 2009

HARI HAK JAWAB

Wartawan Segera Tetapkan Hari Hak Jawab

Refleksi Setahun Koalisi Jurnalis Makassar


Laporan: Akbar Hamdan

MAKASSAR-- Wartawan se Kota Makassar akan berhimpun dalam sebuah acara tudang sipulung yang digelar untuk memeringati setahun berdirinya Koalisi Jurnalis Makassar.

Pada peringatan dengan tema "Refleksi Setahun Berjuang Membela Kebebasan Pers", para wartawan berencana menetapkan tanggal 31 Mei sebagai Hari Hak Jawab.

Koordinator Acara, Ana Rusli mengatakan, selain penetapan Hari Hak Jawab itu, agenda lainnya dalam peringatan itu antara lain launching album Suara Kebebasan Kerang Band serta pemutaran film Koalisi Jurnalis Makassar dengan judul "Mengapa Kami Melawan".

Selain itu, ada juga acara urung rembuk yang mengulas pentingnya hak jawab dalam mekanisme kontrol dan sengketa pers. Urung rembuk ini menghadirkan para praktisi media massa, akedemisi dan LBH.

Koalisi ini resmi terbentuk pada 31 Mei 2008 lalu, dengan tujuan menghadapi gugatan pidana yang dilayangkan Irjen Pol Sisno Adiwinoto, Kapolda Sulselbar kala itu.

Koalisi yang terdiri dari AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Makassar, PJI (Perhimpunan Jurnalis Indonesia) Sulsel dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Sulsel ini, kemudian menggalang kekuatan massa wartawan yang dinamakan Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers. (aha)


(dikutip di portal Harian fajar)


Minggu, Refleksi Setahun Koalisi Jurnalis Makassar
Laporan: Furqon Majid.
Jumat, 29 Mei 2009 | 22:37 WITA

MAKASSAR, TRIBUN - Koalisi Jurnalis Makassar Antikriminalisasi Pers akan menggelar acara Refleksi Setahun Berjuang Membela Kebebasan Pers, Minggu (31/5), mendatang. Koalisi ini aktif menentang kriminalisasi pers yang dilancarkan Mantan Kapolda Sulsel, Sisno Adiwinoto.


"Tanpa terasa, setahun sudah usia Koalisi Jurnalis Makassar berjuang melawan kriminalisasi pers. Kami akan menggelar hajatan sederhana dengan tudang sipulung antara jurnalis Makassar," kata Koordinator Koalisi, Upi Asmaradhana, beberapa saat lalu.

Refleksi akan diisi dengan acara Peluncuran album Suara Kebebasan dari Kerang Band, Pemutaran Film Mengapa Kami Melawan, dan diskusi yang diisi oleh pemimpin redaksi media massa, budayawan, ketua aliansi jurnalis, dan LBH Makassar.

Koalisi ini beranggotakan tiga organisasi profesi yaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pengda Perhimpunan Jurnalis Independen (PJI) Sulsel, dan Koorda Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel.

Selain ketiga organisasi profesi itu, sedikitnya 230 jurnalis se-Sulsel dari berbagai media juga turut memberikan dukungan dalam bentuk tanda tangan.(*)

(dikutip Tribun Timur.com.Selalu yang Pertama)

Tidak ada komentar: