Kamis, 18 September 2008

PERIKSA (6)

Kamis, 18-09-2008 | 23:37:22
Syahrul Minta Upi Asmaradhana Kooperatif
Laporan: muhammad irham. la_toge_langi@yahoo.com

Makassar, Tribun - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo memberi apresiasi terhadap pemeriksaan yang tengah dilakukan oleh Polda Sulselbar terhadap Koordinator Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers, Upi Asmaradana.

Syahrul meminta agar Upi tetap kooperatif dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan posisinya. "Saya harap Upi tetap bersabar, insya Allah tidak ada masalah setelah pemeriksaan itu," katanya menggaransi saat ditemui di Gubernuran, Kamis (18/9).

Syahrul mengaku juga mengetahui konflik antara Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar yang dikoordinir Upi Asmaradhana dengan Kapolda Sulselbar Sisno Adiwinoto beberapa bulan terakhir dari pemberitaan media massa. Ia berharap konflik ini segera reda.

Seperti diberitakan media massa, Upi telah memenuhi panggilan pemeriksaan di Markas Polda Sulselbar di Jl Perintis Kemerdekaan Km 16, Makassar, Rabu (17/9). Upi yang tercatat sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar diperiksa lebih enam jam.

Upi diperiksa sebagai saksi terkait konflik jurnalis Makassar dengan Kepala Polda Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto. Upi dilaporkan telah menghasut jurnalis untuk melakukan perlawanan dan memfitnah Sisno.

Konflik jurnalis Makassar dengan kapolda terkait ucapan Sisno dalam beberapa kesempatan di depan umum yang mengatakan bahwa jika publik merasa dirugikan oleh pemberitaan media massa, tak perlu dibalas dengan surat pembaca. Melainkan bisa langsung dilaporkan ke polisi dan dipidana.

Ucapan Sisno itu kemudian mendapat kecaman dari para jurnalis karena dianggap sebagai pernyataan yang mendeskreditkan profesi jurnalis. Para jurnalis yang tak sependapat dengan pernyataan Sisno itu pun membentuk Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar. (*)

(tulisan ini dikutip dari portal tribun-timur.com)

Tidak ada komentar: